Selasa, 07 Juni 2011

Microsoft merasa "Tersanjung" dengan Apple iOS 5


Apple memperkenalkan yang sistem operasi baru iOS 5 pada hari Senin malam (7/6). OS yang akan dijalankan oleh perangkat Apple iPad dan iPhone ini akan tersedia pada musim gugur dan akan mencakup lebih dari 200 fitur baru. Sejumlah fitur baru ini terlihat sangat mirip dengan yang digunakan pada Android, Windows Phone 7, BlackBerry atau bahkan TouchWiz UX/bada.

Perbaikan pada Apple iOS 5 bukannya tidak mengundang reaksi dari pesaingnya. Joe Belfiore, Direktur program Windows Phone dari Microsoft, mengungkapkan perasaannya melalui Twitter pada Senin sore. "Saya merasa tersanjung hari ini," kata Belfiore setelah referensi sejumlah fitur dari iOS 5. Belfiore juga terkesan dengan implementasi tombol hardware kamera baru dari Apple. "Dengan wp7 Anda mendapatkan tombol kamera khusus.. yang akan membangunkan ponsel dari tidurnya dan mengantar Anda ke kamera," katanya. "(Dan perangkat ini) Sudah dikiirimkan selama 8 bulan!"


Berikut adalah daftar dari beberapa kesamaan Apple iOS 5 dan Windows Phone 7:

Peningkatan notifikasi

Apple telah membuat notification center di iOS 5 dan itu sangat mirip dengan sistem operasi Google Android. Notifikasi sekarang ditampilkan di bagian atas iOS dan dapat dengan mudah terbantahkan dalam cara yang mirip dengan bagaimana operasional di Windows Phone 7.


Keyboard Ergonomis

Apple sekarang telah membuat keyboard menjadi ergonomis dengan memisahkannya di iOS 5. Fitur ini identik dengan sistem keyboard baru yang dikenalkani oleh Microsoft saat mengungkapkan sistem operasi Windows 8 baru-baru ini.


Built-in Twitter

Apple telah mengintegrasikan Twitter secara langsung di IOS 5. Anda dapat melakukan tweet secara langsung dari Safari, Foto, Camera, YouTube atau Maps. Microsoft sebelumnya juga telah mengatakan akan membangunan integrasi Twitter yang lebih jauh ke Windows Phone 7.1 Mango, namun mereka belum menunjukkan dengan tepat bagaimana ini akan bekerja.


Background download service

Apple mengungkapkan Background download service mereka sendiri untuk Newsstand. Fitur baru ini memungkinkan aplikasi untuk berlangganan majalah dan koran akan terunduh secara otomatis. Windows Phone Mango juga mencakup layanan serupa dimana pengembang aplikasi dapat mengembangkannya ke dalam aplikasi mereka.

Perbaikan Messaging

Apple memperkenalkan iMessage pada hari Senin. Anda dapat mengirim pesan teks tak terbatas melalui Wi-Fi atau 3G dari iPhone, iPod Touch, iPad atau kepada siapa saja yang memiliki sebuah iDevice. Windows Phone Mango, Blackberry dan bada 2.0 juga memperkenalkan integrasi yang lebih dalam layanan messaging ini secara langsung ke sistem operasi.


Unggah foto otomatis lewat iCloud

Steve Jobs juga mengumumkan kemampuan baru untuk iOS yang secara otomatis akan mengunggah foto yang diambil dari perangkat iOS. Foto akan masuk ke dalam sistem iCloud milik Apple dan tersedia untuk dilihat secara online atau pada perangkat lainnya. Windows Phone 7 juga memiliki fitur yang identik dan unggah foto ke Windows Live SkyDrive. Di iCloud Anda cuma mendapat 5GB, sementara lewat SkyDrive Anda mendapat 25GB.

Sinkronisasi Wi-Fi

Pemilik perangkat iOS kini dapat melakukan sinkronisasi secara nirkabel untuk perangkat mereka melalui Wi-Fi ke Mac atau PC. Selama perangkat iOS dihubungkan ke sumber listrik, secara otomatis akan melakukan sinkronisasi dan back up konten baru ke iTunes. Windows Phone 7 juga memiliki fitur yang identik lewat Zune, dan bada lewat Kies.

Perbaikan Kamera

Apple juga telah mengubah cara kerja kamera. Tombol volume + sekarang bekerja sebagai tombol hardware kamera dan bahkan ada shortcut penguncian layar yang dengan cepat memungkinkan pengguna iPhone untuk mengambil gambar. Keduanya merupakan fitur identik dari Windows Phone 7.

1 komentar:

  1. btw udah pada coba Kutipan for Windows Phone belum ? Bisa nampilkan kata-kata bijak via lockscreen, kalau mau bisa download di store http://bit.ly/ktipan

    BalasHapus