Selasa, 07 Juni 2011

Perangkat Android HTC laris manis, Microsoft untung besar


Pembuat smartphone HTC Corp mengumumkan pada hari Selasa (7/6) kemarin bahwa penjulan smartphone mereka meningkat lebih dari dua kali lipat pada bulan Mei, menjadi lebih dari $ 1,4 miliar. Dari penjualan semua perangkat, HTC menggaris bawahi bahwa penjualan smartphone yang menggunakan platform Google Android secara luas telah mendorong pertumbuhan HTC.

Dikala ini menjadi kabar baik buat HTC, dipihak lain juga menjadi angin segar buat Microsoft, yang bersaing dengan Android dan merupakan mitra lama dari HTC, kembali ke masa lalu ke hari-hari awal kejayaan Windows Mobile. Microsoft dilaporkan menerima bayaran $5 untuk setiap perangkat Android yang dijual oleh HTC atas kesepakatan lisensi paten diantara keduanya tahun lalu, sebagai bagian dari kampanye hukum yang lebih luas oleh Microsoft.

Ironisnya smartphone Android yang dijual oleh HTC diperkirakan 10 kali lipat lebih banyak dari smartphone Windows Phone 7 yang terjual, sehingga Microsoft tanpa berbuat apa-apa bisa mendapatkan keuntungan 5 kali lebih banyak dari Android dibanding dari platform mereka sendiri. Apalagi dalam kesepakatan baru nanti lisensi paten ini akan naik besarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar